Cara Memilih AC yang Benar

Cara Memilih AC yang Benar

1) Sesuaikan ukuran PK dengan luas ruangan

Sebelum membeli AC, mengukur ruangan penting agar kamu dapat memilih ukuran PK atau daya kuda sebuah AC yang sesuai dengan luas ruangan.

Ruangan berukuran 10 meter persegi cocok untuk dipasangi AC ½ PK, ruangan 14 meter persegi kompatibel dengan AC ¾ PK, dan ruangan 18 meter persegi kompatibel untuk AC 1 PK. Sedangkan untuk ruangan yang lebih besar, yakni 24 meter persegi, membutuhkan 1 ½ PK, dan ruangan 36 meter persegi cocok dipasangi AC 2 PK.

Hal ini penting diperhatikan agar Anda memilih AC yang efektif sesuai kebutuhan agar suhu dingin yang menyebar secara merata, sehingga menghemat daya dan pengeluaran.

2) Pilih desain sederhana agar mudah dibersihkan

Jika Anda pergi ke toko elektronik, Anda akan melihat sederet merek AC dengan desain yang berbeda-beda. Untuk penggunaan skala keluarga kecil, sebaiknya pilih AC dengan desain yang sederhana agar lebih mudah dibersihkan.

Ingat, semakin ribet detail desain, semakin sulit Anda membersihkannya. Dengan desain yang sederhana, Anda bahkan dapat membersihkan AC sendiri dengan melepas filternya dan mencucinya sampai bersih.

3) Tentukan Tipe AC yang sesuai

Apakah Anda dan pasangan cenderung menghabiskan waktu di rumah atau lebih sering di luar? Sebab, keduanya dapat disesuaikan dengan tipe AC yang tepat. Dua tipe AC yang beredar di pasaran adalah standar dan inverter.

AC standar biasanya memiliki watt rendah serta ukuran kompresornya dikurangi agar lebih hemat daya. Sedangkan AC inverter bekerja lebih keras ketika dinyalakan dan mengurangi kinerjanya ketika suhu ruangan sudah dingin.

Jika Anda dan pasangan menggunakan AC lebih dari enam jam setiap hari, AC inverter mungkin pilihan yang pas. Namun, jika Anda maupun pasangan sama-sama sibuk bekerja di luar dan memakai AC kurang dari enam jam sehari, pilih AC standar.

Baca Juga >  Pilih Jenis Air Conditioner(AC) Sesuaikan Gunanya

4) Beli AC dengan fitur yang dibutuhkan

Pilihlah AC yang sesuai dengan kebutuhan keluarga Anda. Bacalah fitur-fitur penting yang ada pada pendingin ruangan. Jangan sampai membeli AC dengan fitur canggih dan mutakhir namun Anda tidak menggunakannya.

Dengan memilih fitur AC sesuai kebutuhan, Anda juga dapat lebih menghemat pengeluaran rumah tangga, bukan?

5) Beli AC dengan merek yang tepercaya

Tak dapat disangkal, merek AC sangat menjamin kualitas dan daya tahan sebuah AC. Jadi, usahakan membeli AC dari merek yang tepercaya di pasaran.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *